Friday, December 3, 2010

Seledri Cegah Pikun

Filled under:

Para ilmuwan di Amerika menemukan kandungan luteolin dalam seledri dan juga merica, yang ternyata mampu mencegah hilangnya memori saat usia seseorang semakin lanjut. Luteolin sendiri bisa mengurangi terjadinya peradangan dalam otak, yang sering dikaitkan dengan usia tua dan masalah daya ingat.

Sebuah tim dari Universitas Illinois mempelajari efek luteolin dalam otak serta perilaku 2 ekor tikus. Satu masih muda (3-6 bulan), sementara tikus lainnya berumur lebih tua (2 tahun). Perlu diketahui bahwa masa hidup tikus rata-rata 2-3 tahun saja.

Tikus-tikus tersebut lalu diberi makan makanan yang mengandung suplemen luteolin secara teratur selama 4 minggu. Biasanya tikus tua mengalami peradangan otak yang jauh lebih tinggi dan mulai kehilangan memorinya jika dibandingkan dengan tikus dewasa yang berumur lebih muda. Namun, para ilmuwan yang mempublikasikan penemuan ini dalam Journal of Nutrition (14/10) lalu, menemukan tikus tua yang diberi asupan luteolin ternyata memiliki daya ingat yang lebih baik daripada tikus lain sebayanya.

Profesor Rodney Johnson yang memimpin penelitian tersebut mengatakan,"hasil penemuan mendapati bahwa mengonsumsi makanan sehat macam seledri misalnya, mampu mencegah terjadinya peradangan otak, sehingga kemampuan kognitif manusia tetap terjaga hingga masa tuanya


Sumber : metrotvnews

0 komentar:

Post a Comment