Wednesday, December 8, 2010

Ponsel Picu Kenakalan Anak

Filled under:

Washington: Para peneliti dari University of California, Los Angeles, mengungkapkan anak-anak dari wanita hamil yang sering menggunakan telepon selular cenderung bermasalah dalam perilakunya.

"Memang sulit memahami pengaruhnya dan kami masih mendalami masalah ini," kata ketua tim peneliti Dr Leeka Kheifets, seorang ahli epidemiologi di University of California, seperti dikutip Reuters, Selasa (7/12).

Dalam studi tersebut, Kheifets bersama timnya mendata sekitar 100 ribu orang wanita di Denmark yang hamil antara tahun 1996 hingga 2002. Dari situ, peneliti mempelajari perilaku 28 ribu anak-anak mereka.

Studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health itu menunjukkan lebih dari separuh ibu-ibu yang sering menggunakan ponsel ketika hamil mengeluhkan masalah perangai anak mereka yang dianggap nakal atau mengalami ketidakstabilan emosional.

Sebaliknya, sekitar 40 persen anak-anak yang terlahir dari ibu yang jarang bahkan tidak pernah menggunakan ponsel di kala hamil tidak mengalami keterlambatan pertumbuhan dan terhindar dari epilepsi.

Saat ini lebih dari lima miliar unit ponsel digunakan penduduk bumi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), American Cancer Society dan National Institute of Health telah membuktikan penggunaan ponsel dapat merusak kesehatan.

Mei lalu, para ahli kesehatan mempelajari 13 ribu pengguna ponsel yang telah menggunakan perangkat tersebut selama lebih dari sepuluh tahun untuk mengetahui apakah penggunaan ponsel memicu tumor otak. Hingga kini penelitian itu masih berjalan. 

0 komentar:

Post a Comment