Saturday, March 23, 2013

Perjalanan ke Ujung Genteng

Filled under: ,

Ujung Genteng adalah tempat sempurna untuk berakhir pekan dan mengisi waktu liburan. Ada hamparan pantai pasir putih, lautan biru, hingga penyu-penyu lucu di sana. Traveling ke Ujung Genteng sangatlah menyenangkan. Simak yuk ceritanya :)

Ujung Genteng terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Letaknya cukup jauh dari Jakarta, sekitar 8-9 jam perjalanan dengan mobil.
     Pada tanggal 18 Februari 2013 saya dan teman-teman kampus saya, memulai perjalanan menuju ujung genteng, kami berangkat pada pukul 16.00. Waktu telah memasuki TOL, suasana yang biasa dijumpai saat pulang kerja. Jalan TOL pun padat, sehingga keluar TOL waktu sudah hamper petang 17.30. Kami memasuki Jalan Raya Sukabumi, suasana dijalan ini pun tergolong padat.
         Tepat pukul 18.00 kami mencari tempat makan yang berada dipinggir jalan, untuk beristirahat sekalian makan-makan. Tidak lama setelah makan, kami melanjutkan perjalanan, setelah itu singgah di POM Bensin untuk pengisian bahan bakar dan Shalat Maghrib terlebih dahulu.
        Waktu menunjukkan  pukul 19.00, kami melanjutkan perjalanan, setelah 2 jam perjalanan, Kota Sukabumi telah dilalui, saatnya memasuki jalan satu-satunya ke ujung genteng. Suasana jalan pun sepi dan hujan pun turun dengan derasnya. Sangat lama kami menelusuri jalan ini, dikarenakan banyak sekali lubang-lubang.
        Alhamdulillah tiba juga di Ujung Genteng, waktu menunjukkan pukul 01.00 WIB. Suasana sangat sepi, dikarenakan sudah tengah malam, tetapi ada satu warung yang buka, kemudian saya dan teman-teman singgah untuk beristirahat, setelah itu kami memutuskan untuk tidur di mobil dulu sampai pagi datang.
            Matahari pun mulai menerangi, kami mencari penginapan untuk kami menginap semalam lagi. Setelah menemui penginapan, kami memesan kamar, dan memasukkan barang bawaan ke kamar. Setelah itu, kami mencari sarapan pagi disekitar penginapan. Setelah sarapan, kembali ke penginapan untuk mempersiapkan menelusuri tempat-tempat yg wajib dikunjungi di Ujung Genteng.
            Kami mulai dengan menikmati pantai ujung genteng, hamparan pasir putih nan halus, serta suara deru ombak dan air laut yang biru membuat saya dan teman-teman bisa melepas penat. Tidak lupa kami mendokumentasikan lewat foto-foto bersama. Setelah itu, saya dan teman-teman bertanya-tanya pada penjaga warung sekitar pantai recomendasi tempat wisata ujung genteng. Penjaga warung merekomendasi Air Terjun Cikaso dan Wisata Penyu. Akhirnya saya dan teman-teman tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Cikaso.
          Air Terjun Cikaso berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Sekitar 30 KM dari Ujung Genteng. 2 Jam perjalanan dengan mobil. Setibanya disana saya dan teman-teman disarankan oleh warung sekitar untuk menyebrang dengan perahu atau bisa dengan jalan kaki. Bila berjalan kaki akan memakan waktu 15menit. Sedangkan dengan perahu hanya 5menit. Akhirnya kami memilih menggunakan perahu. Sampai disana, kami benar-benar disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan.
        Setelah dari Air Terjun CIkaso, saya dan teman-teman hendak makan siang dan selepas itu kami kembali ke penginapan untuk beristirahat sambil menunggu matahari terbenam. Tepat pukul 17.30, akhirnya waktu yang ditunggu datang, kami berjalan menuju ke pantai yang jaraknya tidak jauh dari penginapan kami. Air laut sudah sedikit pasang, kami menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Ujung Genteng ini.
     Matahari pun telah terbenam, saya dan teman-teman memutuskan untuk kembali ke penginapan, tepat pukul 19.30 kami menuju tempat makan dekat penginapan untuk makan malam. Riuh angin menerpa sangat kencangnya malam itu dan setelah makan, kami kembali ke penginapan untuk beristirahat agar tidak terlewatkan matahari terbit esok hari.
            Pagi telah datang, tepat pukul 05.30 saya dan beberapa teman saya menuju ke pantai untuk menikmati udara pantai dipagi hari dan namun saya tidak dapat melihat matahari terbit karena pantai yang saya kunjungi menghadap ke barat. Setelah itu, kami sarapan, dan setelah sarapan kami kembali ke penginapan untuk bersiap-siap untuk pulang ke Jakarta.  Tepat pukul 10.00 saya dan teman-teman memulai perjalanan kembali ke Jakarta, suasana senang yang tidak terlukiskan telah melihat indahnya Pantai Ujung Genteng dan Air Terjun Cikaso ada dibenak kami masing-masing.
            Ketika sudah setengah perjalanan, kami mendapatkan musibah yang tidak terduga mobil yang kami tumpangi mengalami kerusakan pada bagian ban depan kiri, kami sempat bingung mengingat saat itu lokasi tengah berada di jalan yang dipenuhi pepohonan dan jauh dari pemukiman. Setelah kami memaksakan mobil untuk berjalan pelan hingga ada pemukiman, dan ternyata kerusakan bertambah parah. Akhirnya kami menemukan pemukiman, Alhamdulillah ada seorang bapak yang ingin membantu kami, seorang bapak itu memanggilkan kami montir. Waktu menunjukkan pukul 13.00. Montir tersebut menyuruh temannya untuk membeli spare part yang rusak ke bengkel besar namun jaraknya sekitar 40 KM, akhirnya saya dan teman montir itu mencari spare part tersebut dengan menaiki sepeda motor. Beberapa Spare Part yang diperlukan tidak ada, saya memaklumi karena disini bukanlah kota besar. Perjalanan ditempuh 2 Jam pulang pergi. Akhirnya montir tersebut mengakali agar supaya kerusakan tersebut bisa diatasi dan berharap mobil dapat berjalan hingga sampai Jakarta.
            Tepat pukul 17.00 kami melanjutkan perjalanan, dalam hati masing-masing berharap tidak ada musibah seperti ini lagi. Setelah 1 Jam berlalu mobil yang ditumpangi terdapat suara aneh tepat pada bagian ban depan kiri, perasaan was-was sangat dirasakan pada diri masing-masing mengingat langit pun telah gelap dan hujan rintik-rintik mulai turun saat itu, setelah di periksa ternyata rumah Rem depan bermasalah. Akhirnya saya dan teman-teman laki-laki berusaha untuk mengakali agar mobil tersebut dapat berjalan kembali. Walaupun saat itu alternatif terakhir kami mengendarai mobil dengan kehilangan Rem depan kiri. Waktu telah menunjukkan pukul  19.00 kami melanjutkan perjalanan kembali. Diperjalanan sangat berhati-hati dan berharap yang seperti tadi tidak terulang lagi. Alhamdulillah tiba di Jakarta pukul 00.00.
       Suka dan Duka dalam perjalanan sangatlah berkesan, awal senang dan berakhir dengan perasaan teramat was-was, namun bagi saya dan teman-teman perjalanan itu menjadi pengalaman berkesan dan tidak luput dari ingatan masing-masing. Inilah cerita saya mengenai Perjalanan ke Ujung Genteng :)