Sunday, November 20, 2011

Tips Cara Aman Overclock CPU, GPU dan RAM


Anda menginginkan kinerja terbaik dari komputer Anda, tetapi Anda tidak mampu setiap upgrade perangkat keras. Tidak masalah, kami akan menunjukkan cara aman untuk overclock CPU yang ada desktop PC, GPU, dan RAM.



Hal utama yang harus diperhatikan yaitu Memodifikasi komponen seperti ini dapat membatalkan garansi Anda (meskipun beberapa bagian PC yang dijual khusus untuk digunakan oleh overclocker, dan garansi mereka cenderung lebih lunak). Juga, tidak ada yang akan mengganti peralatan yang telah rusak secara fisik dengan overclocking, jadi pastikan bahwa Anda benar-benar nyaman mengambil hidup PC Anda ke dalam tangan Anda sendiri sebelum Anda mengubah apa pun.



Sangat penting untuk memiliki sistem-pemantauan perangkat lunak untuk melacak tweak Anda. CPU-Z adalah baik untuk melacak berbagai komponen kecepatan Anda '. Selain itu, bersihkan casing PC Anda secara menyeluruh dan menjaga komponen Anda setenang mungkin. Overclocking PC Anda perlu mendorong kinerja masa lalu puncak tertentu, dan kekuatan ekstra menciptakan panas lebih banyak, sehingga Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan ekstra pendingin udara peralatan. Lebih baik lagi, lihat petunjuk kami tentang bagaimana membangun sendiri sistem pendingin cair.

Overclocking CPU Anda

Kecepatan dari CPU Anda dihitung dengan mengalikan clock rate dasar oleh pengganda. Untuk mendapatkan performa lebih dari prosesor Anda, Anda perlu meningkatkan salah satu dari dua variabel. Jika Anda tidak memiliki prosesor unlocked (Intel K-Series dan Extreme Edition, atau AMD Black Edition), Anda akan memiliki fleksibilitas kurang, sebagai prosesor unlocked multiplier menawarkan lebih untuk menyesuaikan diri. Tapi Anda masih akan bisa mendapatkan beberapa jarak tempuh ekstra dari CPU Anda.

Kami mencoba overclocking mesin uji menjalankan salah satu terkunci Intel K-Series chip, Core i7-2600K CPU berjalan pada kecepatan 3.4GHz dasar (bahwa nomor adalah hasil dari kecepatan clock dasar prosesor,, 99.8MHz kali multiplier, 34). Dengan K-Series chip, Anda dapat dengan mudah memodifikasi multiplier dari pengaturan 'Kinerja' di BIOS.Hanya boot ke BIOS, meningkatkan jumlah CPU multiplier oleh satu, menyimpan, dan boot ke Windows.


Jika booting ini tidak menghasilkan pesan kesalahan atau marah restart dengan mesin Anda, Anda berada di jalan yang benar. Periksa spesifikasi sistem Anda melalui CPU-Z untuk mengkonfirmasi bahwa pengaturan Anda dimiliki mereka dapat hilang jika sesuatu berjalan salah selama proses tweaking. Pada tab CPU-Z 'CPU', lihatlah nomor di bawah "Kecepatan Core dan Multiplier '. Angka itu akan berfluktuasi, tergantung pada apa yang PC Anda lakukan dari waktu ke waktu.

Selanjutnya, jalankan utilitas patokan untuk stress-test konfigurasi baru CPU Anda.Gunakan Pemilihan Uji Prime95 adalah mode atau Linx untuk mendorong PC Anda untuk batas-batasnya, sehingga memberikan Anda gambaran kecepatan maksimum clock sistem anda. Jika komputer Anda tetap bebas dari layar biru atau restart tiba-tiba setelah beberapa jam angka-angka dengan salah satu alat ini, Anda mungkin di jelas.Kemudian Anda dapat tetap dengan pengaturan overclocking saat ini, atau coba lagi dengan kecepatan sedikit lebih cepat.


Overclocking GPU Anda



Overclocking kartu grafis modern lebih mudah dari sebelumnya, sebagian besar waktu, Anda dapat meningkatkan kinerja dengan memutar sebuah slider beberapa utilitas konfigurasi GPU Anda.



Pertama, pastikan bahwa Anda sudah download driver terbaru dari website produsen.Anda dapat menemukan perangkat lunak Nvidia terbaru disini, dan driver AMD terbaru disini. AMD termasuk kontrol overclocking dasar dalam tab ATI Overdrive dari termasuk perangkat lunak Anda Catalyst Control Center; untuk kartu nVidia, Anda akan perlu men-download utilitas Sistem Nvidia Alat untuk mengubah pengaturan kecepatan clock GPU Anda.

Buka utilitas untuk kartu Anda, dan menemukan kontrol kecepatan clock untuk prosesor GPU dan memori. AMD Catalyst Control Center menjaga mereka di bawah tab Overdrive, karena Nvidia, slider clock speed adalah dalam menu Kinerja. Sekarang, hanya benjolan slider sampai sedikit demi sedikit - sekitar 5MHz untuk 10MHz pada suatu waktu. Seperti dengan upgrade CPU, tweak, menyimpan, reboot, dan memberikan pengaturan baru stress test dengan menjalankan perangkat lunak pembandingan gratis seperti Heaven 2.0 atau bermain permainan grafis yang intensif selama 15 sampai 20 menit untuk memeriksa korupsi grafis - yang akan menjadi tanda peringatan bahwa Anda GPU yang mulai gagal.

Jika Anda melihat blok yang solid warna berkedip atau aneh formasi pixel berkedip, Anda telah mendorong Anda GPU terlalu jauh, dalam hal itu, restart dan roll kembali beberapa peningkatan. Komponen PC yang paling kontemporer yang cukup kokoh untuk menahan semacam ini bermain-main. Jika Anda memutar kembali ke pengaturan overclock stabil pada tanda pertama dari masalah, komponen Anda harus cukup aman.

Overclocking Memori Anda


Ya, Anda bisa melakukan overclock RAM Anda, juga. Tapi pastikan Anda telah mengenal RAM (kecepatan yang sama, produsen, dan sebagainya) anda sebelum Anda mulai main dengan memori. Ini jauh lebih mudah (dan aman) untuk membeli memori lebih dari untuk overclock apa yang Anda miliki. Tetapi jika Anda telah datang sejauh ini, "mudah" dan "aman" mungkin tidak berarti banyak bagi Anda.


Pertama, membuka CPU-Z dan flip untuk 'SPD' (Deteksi Proses Serial) tab untuk melihat spesifikasi memori mesin Anda. Reboot ke menu BIOS dan pilih menu-kinerja kemungkinan besar berlabel 'Kinerja' atau 'Konfigurasi', tergantung pada produsen motherboard Anda.

Masuk ke menu konfigurasi memori (itu berlabel 'Menggantikan Memory' di tempat pengujian kami), dan menonaktifkan profil memori default. Mengatur multiplier memori Anda dengan memilih pilihan overclock preset atau dengan mengetikkan clock speed RAM. Gunakan bertahap, satu atau dua pada satu waktu, yang cocok produk konsumen kelas (DDR3 RAM biasanya dijual dengan penambahan sebesar 800-1066-1333-1600-1867-2133), menyimpan perubahan, dan keluar dari BIOS. Stress-test seperti biasa, dan mempertimbangkan menjalankan memori-pengujian perangkat lunak seperti MemTest.


Sumber : computerworld.com dan benchmarkreview.com

6 komentar:

  1. thank's gan caranya mengembalikan CPU yang dioverclocking gimana??? mohon saran

    ReplyDelete
  2. sama-sama gan , thank's telah berkunjung gan.
    caranya :
    masuk ke bios pilih option set default
    kalo nggak bisa boot, buka casing dan clear cmos (reset bios).

    ReplyDelete
  3. gan, mau nanya, cara perbaiki ram yg sudah ke overclock g mana? hbis di minta garansi krena sblomnya rsak (4x4), eh yg datang gg bisa lagi yg 4x2, nanya" dy bilang k'overclock, wlopun udah set default di bios ato reset bios tetap gg kedetek, tapi masih bisa nyala, bisa booting tapi ram yg ke pake 8 giga aja,, g mana gan? orngnya gg mau gransi lagi,,

    ReplyDelete
  4. ini bahasa translate ye dr situs orang?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete