Thursday, November 10, 2011

Cara Input data (Nama, NPM, Kelas) menggunakan COBOL

Filled under: ,

Assalamualaikum... 
Saya ingin sharing aja nih seputar apa yang saya dapat dari salah satu mata kuliah, Teknik Pemrograman Terstruktur 1. Yaitu : Cara meng-input Data (Nama, NPM, dan Kelas) menggunakan IDECobol.


Berikut ini adalah data yang dibuat untuk meng-input nama, npm dan kelas dengan menggunakan software cobol :


Berikut ini adalah data cobol yang sudah di-compile dengan menggunakan cmd dengan tampilan sebagai berikut:


Berikut ini adalah tampilan outputnya :



Logika-nya :
Ø Identification Divison untuk mengidentifikasikan sebuah program yang dibuat oleh  programmer seperti nama pembuat,nama program yang digunakan, tanggal pembuatan dll.
Ø Environment Division untuk memberikan pelaralatan yang digunakan dalam kelancaran atau jalannya program.
Ø Data Division untuk menjelaskan tentang input & output data yang digunakan serta semua keterangan tentang file, record, nama data serta bentuk format yg akan digunakan dalam PROCEDURE DIVISION. (Ditulis pada Area A atau Kolom 8) atau mendeskripsikan variabel-variabel dan jenis type data yang digunakan dalam program.
Ø Configuration Section sebernarnya ini tidak ditulispun tak apa karena bersifat optional berisi tentang peralatan yang digunakan program.
Ø Working Storage Section statement ini yang paling sering digunakan dan digunakan untuk mendeklarsiakn variable dan type data yang digunakan dalam program.
Ø Nama pic x(20) untuk  inputan nama dengan jumlah max karakter sebanyak 20 begitu juga dengan npm dan kelas, hanya saja jumlah karakternya saja yang berbeda.
Ø Screen Section untuk menentukan format layar tampilan baik input ataupun output.
Ø Procedure Division adalah inti dari bahasa pemprograman cobol karena pada divisi ini semua statement intruksi terbuat misalnya DISPLAY,ACCEPT,dan STOP RUN.
Ø Display untuk output atau hasil tampilan yang dinginkan oleh progremer atua pembuat. Dan statement display (15,10) untuk mencetak ouput dengan ketentuan cetak display pada baris ke 15 kolom 10.
Ø Accept untuk menerima input
Ø Stop run untuk menghentikan proses program.


1 komentar:

  1. wah membantu sekali nih (y)
    :)
    thanks gan......

    ReplyDelete