Monday, April 22, 2013

Proposal Penulisan Ilmiah Saya

Filled under: ,

Bismilahirrohmanirrohim...

Berhubung saya lagi sibuk-sibuknya dengan PI, kali ini saya akan post contoh proposal penulisan PI saya. Sekedar berbagi informasi aja, dan semoga bermanfaat ya :)




ABSTAKSI
            Berkembangnya teknologi yang semakin pesat membuat Penulis ingin lebih mengembangkan manfaat dari sebuah telepon selular agar dapat menjadi sarana penyampaian informasi yang lebih efesien. Aplikasi ini adalah sebagai media alternatif yang dipasangkan pada media smartphone. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman JDK (Java Development Kit) dan XML (Extensible Markup Language) berbasis Android. Aplikasi Tata Cara Wudhu ini bisa berjalan pada telepon selular yang bersistem operasi Android berbasis linux. Aplikasi Tata Cara Wudhu ini dirancang penulis agar pengguna smartphone android dapat tahu bagaimana cara wudhu yang benar.
Kata Kunci : Aplikasi Android, Tata Cara Wudhu, JDK.
Aditya Nurahman, 10110202

1.1              Latar Belakang
Sebelum melaksanakan sholat kita diperintahkan agar bersuci terlebih dahulu karena apabila tidak melaksanakannya, maka sholat kita tidak akan sah. Wudhu merupakan salah satu amalan ibadah yang agung di dalam Islam. Secara bahasa, wudhu berasal dari kata (Al-Wadha’ah), yang mempunyai arti kebersihan dan kecerahan.
Sedangkan menurut istilah, wudhu adalah menggunakan air untuk anggota-anggota tubuh tertentu (yaitu wajah, 2 tangan, kepala dan 2 kaki) untuk menghilangkan hal-hal yang dapat menghalangi seseorang untuk melaksanakan shalat atau ibadah yang lain. Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan ke 2 mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6).
Rasulullah SAW bersabda : ” Tidak diterima shalat salah seorang dari kalian apabila ia berhadas, hingga ia berwudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Wudhu mempunyai manfaat yang banyak. Contohnya, manfaat wudhu dari segi agama seperti menghilangkan dosa, menghilangkan amarah.
Manfaat wudhu dari segi kesehatan seperti membasuh telapak tangan bisa mencegah penyakit seperti penyakit hepatitis, berkumur-kumur bisa membersihkan mulut dari bau yang tidak sedap, membasuh wajah bisa mencegah penuaan dini dan membantu kulit untuk bernafas, mengusap kepala bisa pikiran menjadi jernih dan ingatan menjadi tajam, Membasuh telinga dapat merangsang titik pendengaran dan keseimbangan serta dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di lekukan-lekukan telinga.
            Untuk mempermudah mempelajari cara berwudhu yang benar, penulis ingin membuat “Aplikasi Android Cara Berwudhu” berbasis mobile yang bisa membantu masyarakat dalam mengingatkan dan mempelajari wudhu dengan mudah. Handphone merupakan alat komunikasi yang sudah dimiliki hampir setiap orang. Oleh sebab itu penulis membuat aplikasi ini dengan menggunakan handphone sebagai alat bantu untuk menjalankannya. Sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengakses aplikasi ini dimanapun dan kapanpun.

1.2       Batasan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah tentang pembuatan sebuah program aplikasi yang dapat menampilkan tata cara wudhu dengan menggunakan smartphone android versi 2.3 (gingerbread). Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sangat sederhana, tampilan itu terdiri dari gambar-gambar tata cara wudhu, bacaan dalam berwudhu serta arti dari bacaan tersebut.

1.3       Tujuan Penulisan
Tujuan dari tulisan ini adalah menjelaskan tentang pembuatan sebuah program aplikasi yang dapat menampilkan tata cara wudhu dalam sebuah smartphone berbasis Android. Diharapkan dengan adanya program ini dapat membantu setiap individu untuk belajar tentang tata cara berwudhu yang baik dan benar.

1.4       Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan penulis yaitu dengan pengumpulan data, perancangan aplikasi, pembuatan aplikasi dan pengujian aplikasi. Pembuatan aplikasi ini membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang digunakan adalah satu (1) unit notebook pribadi dengan spesifikasi minimum lengkap sebagai berikut :
1.      Processor Intel Core i5-2435M 3M Cache, 2.4x109 GHz (2.4GHz)
2.      Intel HD Graphics 3000
3.      RAM DDR3 8 Gigabyte PC-12800
4.      Harddisk 500 Gigabyte
Sedangkan perangkat lunak yang digunakan adalah :
1.      Eclipse Java Juno
2.      Java Standard Edition Development Kit 7 Update 13
3.      Android SDK
4.      Android Development Tools (ADT) 8.0.1


1.5       Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
BAB I              Pendahuluan
Pada bab ini diuraikan tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II            Tinjauan Pustaka/Landasan Teori
Pada bab ini dibahas tentang landasan teori dan tools / program yg digunakan dalam perancangan sebuah program aplikasi “ Tata Cara Wudhu ”.
BAB III           Perancangan dan Implementasi
Pada bab ini dibahas tentang rancangan dan implementasi dari program aplikasi yang dibuat, terdiri dari struktur navigasi, dan tahapan pembuatan program aplikasi yang dapat menampilkan tata cara berwudhu.
BAB IV           Kesimpulan dan Saran
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran tentang hasil pembuatan program aplikasi yang bersangkutan. 

0 komentar:

Post a Comment