Monday, October 15, 2012

Sekilas Mengenai Prolog dan SWI-Prolog


Bismillahirrohmanirrohim.
Kali ini saya ingin menjelaskan sekilas mengenai Prolog. Kita mungkin pernah mendengarkan kata Prolog saat belajar Bahasa Indonesia. Tapi yang saya akan jelaskan adalah Prolog dalam Bahasa Pemrograman. Simak yuk kilasannya. Selamat Membaca :)
Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.

Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bahasa pemrogramanyang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.
Apa yang dimaksud dengan SWI-Prolog ?
SWI-Prolog merupakan implementasi open source bahasa pemrograman Prolog, biasanya digunakan untuk mengajar dan aplikasi web semantik. Ini memiliki seperangkat kaya fitur, perpustakaan untuk pemrograman kendala logika, multithreading, unit testing, GUI, interfacing ke Jawa, ODBC dan lain-lain, server web,  pengembang alat (termasuk sebuah IDE dengan GUI debugger dan profiler GUI), dan dokumentasi yang ekstensif. 
SWI-Prolog dapat berjalan dalam platform windows, linux dan macintosh, tapi setiap Platform berbeda cara dan tipe instalasinya, yang saya akan bahas adalah Instalasi Untuk Windows.

Download SWI-Prolog Untuk Windows. 
(Versi 6.2.2)







Tahap Instalasi :







0 komentar:

Post a Comment