Wednesday, September 28, 2011

Mengenal Organisasi dan Arsitektur Komputer

Filled under: ,


Arsitektur komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan perancangan system komputer. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah system dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi semua persyaratan-persyaratan lainnya. Arsitektur Komputer memberikan berbagai artibut pada system computer yang dibutuhkan oleh seorang pemrogram bahasa mesin atau seorang perancang software system untuk mengembangkan suatu program. Model konseptual arsitektur komputer memberikan informasi berikut :
  1. Set Instruksi
  2. Format Instruksi
  3. Kode Operasi
  4. Jenis-jenis operand
  5. Mode-mode pengalamatan operand
  6. Register
  7. Main memory space utilization (memory map)
  8. Alokasi ruang I/O
  9. Pengerjaan/penetapan interupsi dan prioritas
  10. Pengerjaan kanal-kanal DMA dan prioritas
  11. Teknik-teknik I/O yang digunakan untuk berbagai perangkat
  12. Format-format perintah pengontrol I/O
  13. Format-format status pengontrol I/O
      Organisasi komputer memberikan gambar yang lebih dalam mengenai struktur fungsional dan interkoneksi logika antara unit-unit (blok fungsional). Biasanya termasuk rincian atau detail hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal-sinyal control, antarmuka computer dan peripheral serta teknologi memori yang digunakan.


             Komputer modern adalah system komputer yang terdiri atas hardware dan software.
Hardware mempunyai lima macam unit fungsional :
  1. Memori
  2. ALU (Arithmetic and Logic Unit)
  3. Register
  4. Unit Kontrol
  5. Unit I/O

            Program dan data dimasukkan ke dalam komputer melalui unit input. Memori penyimpanan program dan data. Unit kontrol membaca dan menganalisi instruksi satu per satu dan memberikan sinyal kontrol keseluruh unit untuk melakukan berbagai macam operasi. ALU adalah bagian/unit mesin yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika. Instruksi yang diberikan yang merupakan kumpulan operasi ditunjukkan atau dipandu oleh sinyal kendali yang diterima dari unit kontrol. Hasil dari instruksi disimpan di memori dan dapat dibawa ke unit output.

0 komentar:

Post a Comment