Arsitektur komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan
perancangan system komputer. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang
sebuah system dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi
semua persyaratan-persyaratan lainnya. Arsitektur Komputer memberikan berbagai artibut
pada system computer yang dibutuhkan oleh seorang pemrogram bahasa mesin atau
seorang perancang software system untuk mengembangkan suatu program. Model
konseptual arsitektur komputer memberikan informasi berikut :
- Set Instruksi
- Format Instruksi
- Kode Operasi
- Jenis-jenis operand
- Mode-mode pengalamatan operand
- Register
- Main memory space utilization (memory map)
- Alokasi ruang I/O
- Pengerjaan/penetapan interupsi dan prioritas
- Pengerjaan kanal-kanal DMA dan prioritas
- Teknik-teknik I/O yang digunakan untuk berbagai perangkat
- Format-format perintah pengontrol I/O
- Format-format status pengontrol I/O
Organisasi komputer
memberikan gambar yang lebih dalam mengenai struktur fungsional dan
interkoneksi logika antara unit-unit (blok fungsional). Biasanya termasuk
rincian atau detail hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti
sinyal-sinyal control, antarmuka computer dan peripheral serta teknologi memori
yang digunakan.
Komputer modern
adalah system komputer yang terdiri atas hardware dan software.
Hardware mempunyai lima macam unit fungsional :
- Memori
- ALU (Arithmetic and Logic Unit)
- Register
- Unit Kontrol
- Unit I/O
Program dan data
dimasukkan ke dalam komputer melalui unit input. Memori penyimpanan program dan
data. Unit kontrol membaca dan menganalisi instruksi satu per satu dan
memberikan sinyal kontrol keseluruh unit untuk melakukan berbagai macam
operasi. ALU adalah bagian/unit mesin yang mampu melakukan operasi aritmatika
dan logika. Instruksi yang diberikan yang merupakan kumpulan operasi
ditunjukkan atau dipandu oleh sinyal kendali yang diterima dari unit kontrol.
Hasil dari instruksi disimpan di memori dan dapat dibawa ke unit output.
0 komentar:
Post a Comment